Cara Tingkatkan Rasa Pecaya Diri.

Sudah lumrah, orang akan lebih percaya diri jika berada dalam lingkungan yang berada di bawah taraf hidup dan kemampuannya. Namun ketika orang itu bergaul dengan orang-orang yang berada di atas level hidupnya, seketika rasa self confidence itu hilang entah kemana. Menguap begitu saja.

Ya, itu memang naluriah. Rasa minder kadang kerap muncul saat kita dihadapkan pada keadaan dimana kita tertinggal dari rekan-rekan kita. Entahkah itu masalah kekayaan, masalah kecerdasan atau masalah fisik. – 10 


Langkah sederhana  Tingkatkan Rasa Pecaya Diri
Kok temen-temenku enak banget ya, kemana-mana bawa mobil”.
Kok mereka pinter-pinter sih. Selalu aja dapat nilai bagus”,
Kok adik saya cantik banget ya. Banyak cowok yang naksir, sedang aku?
Setumpuk pertanyaan menggelantung di pikiran. Dan pertanyaan itu akhirnya membuat kita murung, berdiam diri dan down. Akhirnya kita pun tidak punya rasa percaya diri di tengah keadaan yang serba membuat kita terlihat banyak sekali kekurangan di banding orang lain.
Nah, tentu saja keadaan itu tidak mau kita tanggung sepanjang hidup kita. Hidup yang cuma sekali-kalinya ini pastinya tidak mungkin kita habiskan dengan meratapi nasib. Hanya berdiam diri saja. Menerima apa adanya. TIDAK. We have to change. Kita harus berubah. Kita harus coba sekuat tenaga bagaimana mengatasi rasa minder dan kurang percaya diri ini.
10 (Sepuluh) langkah berikut bisa membantu kita menumbuhkan rasa percaya diri menghadapi situasi apapun. Saat kita berada di bawah atau saat kita berada di atas.


Pertama, Get Moving.
Bergerak. Berbuatlah sesuatu yang berguna. Berdiam diri tanpa melakukan apapun hanya membuat kita tidak berkembang. Stagnan. Melakukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita dan orang lain akan membuat kita menjadi orang yang berharga dan dihargai. Orang yang berharga dan merasa dihargai adalah dua hal yang bisa meningkatkan self confidence kita.

Kedua, Make decision.
Belajar mandiri mengatasi masalah. Dan belajarlah mengambil sebuah keputusan. Mengambil sebuah keputusan dalam hidup memerlukan sebuah kepercayaan diri yang tinggi. Oleh karena itu belajar mengambil keputusan berarti belajar melatih kepercayaan diri.
Biasakan untuk berani. Dare to fail. Jika kita selalu bertanya kepada orang lain dan meminta mereka menentukan apa yang harus kita lakukan berarti kita tidak punya rasa percaya diri. Bertanya sebelum mengambil keputusan memang penting. Tapi, decision maker-nya adalah kita. Kita yang menentukan. Tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun.


Ketiga, Enjoy What You Are Doing
Menikmati apa yang kita lakukan adalah sebuah indikasi bahwa kita telah melakukan sesuatu yang benar. Melakukan sesuatu yang benar dan baik dengan hasil yang memuaskan akan menambah kepercayaan diri kita.


Keempat, Know Your Self
Ma’rifatun nafs. Kenali diri kita sendiri. Ini penting. Kita harus kenal siapa diri kita yang sebenarnya? Apa kelebihannya dan apa yang menjadi kekurangannya? Nah, jika kita sudah kenal siapa diri kita, kita akan tahu apa yang harus dilakukan untuk hidup ini. For the best life.


Kelima, Focus on What You Have
fokuslah pada apa yang kita punya. Pada kelebihan kita. Seseorang dikenal atas dasar kelebihannya, bukan kekurangannya. Chris John, akan selalu dikenal sebagai petinju Indonesia kelas dunia yang handal meski pun dia tidak jago bermain bulu tangkis. Dia tidak akan dikenal sebagai Chris John yang tidak bisa bermain bulu tangkis. Tapi Chris John dikenal atas dasar kelebihannya yaitu sebagai seorang petinju handal.
Jangan terlalu sibuk dan minder dengan kekurangan, tapi asahlah kelebihan yang akan menjadi kekuatan kita. Apa yang menjadi kelebihan, itulah yang harus kita optimalkan. Bernafsu untuk bisa dalam segala hal itu tidak baik. Asah terus potensi dan bakat kita dan fokuslah. Itu yang akan membuat kita dikenal dan menonjol.


Keenam, Fix Your Deficiencies
Benahi kekurangan kita. Setelah kita berhasil mengoptimalkan kelebihan dan potensi, saatnya lah kita mulai perbaiki apa yang menjadi kelemahan kita. Sedikit demi sedikit. Teruslah belajar dan menambah wawasan. Memperluas ilmu dan pengetahuan akan membuat kita lebih berbobot dan kita pun bisa sedikit demi sedikit mengeliminir apa yang jadi kelemahan kita.


Ketujuh, Dare to Try
Berani mencoba. Jangan takut salah dan jangan takut gagal. Setiap orang pernah salah dan pernah gagal. Siapa pun itu. Perlu diketahui kesalahan akan membuat kita lebih berhati-hati dan banyak belajar. Sedangkan kegagalan adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Mencoba dan teruslah mencoba. Jangan pernah berhenti untuk melakukan sesuatu karena seperti kata orang bijak “Kegagalan yang sebenarnya adalah saat di mana kita berhenti mencoba”. So, Keep trying!


Kedelapan, Calm Down and Easy Going
Grogi, ragu, malu, bimbang dan cemas adalah indikasi kalau kita tidak memiliki kepercayaan diri yang baik. Jadi, cobalah untuk bersikap tenang dan wajar. Fokus pada apa yang akan kita lakukan. Ambillah nafas dalam dalam dan buanglah secara perlahan. Dengan bersikap tenang, kita akan lebih bisa mengontrol keadaan baik keadaan di sekitar atau pun keadaan dalam diri kita sendiri. Kita pun akan lebih bisa berpikir kreatif dan realistis.


Kesembilan, List Your Success Story
Buatlah daftar kesuksesan yang sudah kita raih. Dari mulai kesuksesan paling kecil sampai kesuksesan yang menurut kita luar biasa. Great success. Dengan daftar kesuksesan yang bisa kita liat, itu akan memotivasi kita untuk melakukan langkah selanjutnya. Jika kita bisa melakukan sesuatu di masa lalu dengan bagus dan sukses, tentunya kita pun bisa melakukannya di masa kini dan mendatang. Jadi, “Dulu aja bisa, kenapa sekarang dipertanyakan


Kesepuluh, Keep Learning
Banyak belajar dan terus menambah wawasan. Ketika kita sudah memiliki ilmu dan wawasan yang luas maka dengan sendirinya rasa percaya diri akan timbul. Dengan memiliki wawasan yang luas, kita akan lebih mampu dan tahu bagaimana cara bersikap dan tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah. Kita jadi paham bagaimana cara menghadapi diri dan orang lain. Artinya wawasan akan membuat kita lebih dewasa baik dalam berpikir maupun dalam bertindak.

Itulah kesepuluh hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Self confidence ini sangat dibutuhkan kita dalam meniti hidup ini. Untuk membangun masa depan. And to get our dreams actually. Yang perlu diingat adalah janganlah kita terlalu over confidence karena ini bisa kontra produktif. Remember!So, keep being confidence! do not over act! – Kesombongan hanya akan membuka jalan pada kehancuran.


sumber:
http://rustadhiesmotivation.blogspot.com/search/label/MOTIVASI.
Share this article :
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MAKNA KEPEMIMPINAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger